Murai-batu

Jenis Murai Batu

Kamis, 22 September 2016 | 3314
Jenis Murai Batu





    Murai Batu merupakan salah satu jenis burung istimewa yang keberadaannya sudah sangat populer di Indonesia. Selain Cucak Jenggot, Kenari dan Lovebird, burung dengan ekor panjang ini juga sudah menjadi perbincangan lama para pecinta kicau saat ini. Bagaimana tidak, selain mempunyai perawakan indah, jenis burung yang juga dikenal dengan nama Kucica Hutan tersebut juga memiliki kicauan gacor keras dan luar biasa. Mungkin berawal dari itulah, mengapa para penggila dari burung yang bernama latin Copsychus malabaricus ini begitu kagum. Entah itu penggemar murai batu Medan, Nias, Lampung, Aceh maupun Borneo (Kalimantan)

    Kucica hutan (Copsychus malabaricus), juga dikenal sebagai Murai batu merupakan burung pengicau yang keadaanya terancam akibat perburuan. Termasuk ke dalam famili Muscicapidae atau burung cacing. Tersebar di seluruh pulau Sumatra,Semenanjung Malaysia, dan sebagian pulau Jawa. Beberapa pakar menganggap ras dari Kalimantan Utara Kucica Alis-putih(Copsychus malabaricus stricklandii) sebagai spesies tersendiri.

    Di habitat aslinya Kucica Hutan atau sering di sebut Burung murai batu cenderung memilih hutan alam yang rapat atau hutan sekunder. Murai batu merupakan kelompok burung yang dikenal sebagai teritorial dan sangat kuat dalam mempertahankan wilayahnya (Thruses). Burung murai batu memiliki suara kicauan yang bagus sehingga mendapat penghargaan terbaik atas nyanyian nya yang sangat indah pada tahun 1947 (The Best Song Birds – Delacour, 1947). Burung murai batu merupakan kelompok burung yang di gemari di kalangan para pecinta kicauan karena memiliki suara atau spesifikasi kicauan yang sangat baik.

    

Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli

Berikut saya sudah dapatkan beberapaciri murai batu medan, mudah-mudahan bisa menjadi gambaran bagi teman-teman kicau mania.

pola-ekor-murai-batu-medan-asli

  • Murai batu medan asli memiliki empat pasang bulu putih strip hitam di pola ekornya. Seperti gambar di atas.
  • Panjang ekor sekitar antara 14cm – 27cm.

    Nah itu ciri khusus yang mudah dalam membedakan murai batu medan asli. Karena terkadang ada ciri yang sulit untuk mebedakan mana murai medan yang asli dan bukan. Ada satu hal lagi yaitu pada istilah burung murai batu medan super. Ada istilah super disini, menurut salah satu redaksi yang saya dapat jangan terlalu terpengaruh terhadap embel-embel super, karena itu bisa jadi rekayasa penjual untuk menaikkan nilai jual murai. Karena pada dasarnya burung murai itu sama. Tinggal pola perawatannya saja, jika burung murai sudah berbakat nanti kemampuannya akan muncul dengan sendirinya.


Ciri-ciri Fisik Murai Batu Lampung 

    Murai batu lampung terkenal dengan warna bulu hitam pekat dengan dada memiliki warna kuning agak coklat sedikit tua.memang murai batu lampung masih kalah pamor dengan murai batu medan maupun murai batu nias Raja untuk masalah kualitas kicauan yang dominan memiliki volume rendah jika kita bandingkan dengan kedua asal murai batu lain..

    Akan tetapi,Tidak sedikit pula murai batu lampung yang menjadi juara kontes.hal ini bisa saja di sebabkan akibat perawatan harian dan kualitas murai batu lampung tersebut benar-benar prima dan sudah matang dalam melakukan perawatan,sehingga murai batu tersebut sudah memiliki jam terbang tinggi untuk mengalahkan lawan-lawannya di arena lomba.



Ciri Ciri Murai Batu Aceh

    1.Ciri yang pertama untuk melihat asal muasal burung kita bisa menggunakan patokan dari bentuk badan.Kusus murai batu yang berasal dari aceh,Memiliki bentuk badan relatif kecil Jika kita bandingkan dengan murai batu asal medan.selain kecil,badan murai batu aceh mirip seperti botol sedikit lonjong serta terlihat profesional.Badan kecil namun memiliki daya tempur yang cukup bagus dan suara juga cukup lantang.

    2.Ciri yang kedua untuk melihat Menandai murai batu asal aceh dengan melihat di bagian ekor.pada umumnya,ekor murai batu aceh memiliki ukuran berkisar 20 sampai 30 cm saja masih kalah jauh jika kita bandingkan dengan ekor murai batu medan yang berrkisar 26 sampai 35 cm.